asd
Beranda blog

Mudah dan Aman, Ini Cara Bayar Zakat Fitrah

0
Zakat Fitrah

BANJARBARU POST – Zakat Fitrah merupakan kewajiban bagi setiap Muslim di bulan Ramadhan. Yuk, simak panduan lengkap cara bayar, bacaan niat, dan waktu yang tepat untuk menunaikannya.

Cara Membayar Zakat Fitrah:

  • Menentukan jumlah tanggungan

Hitung berapa orang yang menjadi tanggung jawabmu, termasuk diri sendiri, pasangan, anak, dan orang tua yang tidak mampu.

  • Menentukan jenis zakat

Zakat Fitrah bisa dibayarkan dengan makanan pokok seperti beras, gandum, atau kurma, atau dengan uang tunai senilai harga makanan pokok tersebut.

  • Menghitung besaran zakat

Untuk tahun 2024, besaran yang dianjurkan adalah Rp 45.000 – Rp 55.000 per jiwa atau tergantung daerahnya.

  • Memilih tempat pembayaran

Zakat Fitrah bisa dibayarkan melalui lembaga resmi seperti Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), masjid, atau lembaga amil zakat (LAZ) terpercaya.

  • Menyebutkan niat:

Niat pembayaran zakat fitrah berbeda-beda tergantung kepada siapa zakat tersebut dibayarkan. Berikut bacaan niatnya:

1. Niat untuk diri sendiri:

ﻧَﻮَﻳْﺖُ أَﻥْ أُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْسيْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaitu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an nafsi fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri fardu karena Allah Ta’ala.”

2. Niat untuk keluarga:

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَنِّيْ ﻭَﻋَ ﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻣُنِيْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮِﺎ ﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri anni wa an jami’i ma yalzimuniy nafaqatuhum syar’an fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri dan seluruh orang yang menghidupinya menjadi tanggunganku fardhu karena Allah Ta’ala.”

3. Niat untuk Istri:

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺯَﻭْﺟَ ﺘِﻲْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitrii ‘an zaujati fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk istriku fardhu karena Allah Ta’ala .”

4. Niat untuk Anak Laki-Laki:

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻭَﻟَﺪِ ﻱْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an waladi fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “”ku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-lakiku……(sebutkan nama anak laki-laki), fardu karena Allah Ta’ala . ”

5. Niat untuk Anak Perempuan:

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺑِﻨْﺘِ ﻲْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an binti fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak perempuanku… (sebutkan nama anak perempuan), fardu karena Allah Ta’ala . ”

6. Niat untuk mewakili orang lain:

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ (..…) ﻓَﺮْ ﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an (…) fardhan lillahi ta’ala
(Sebutkan nama orang yang diwakilkan)

Waktu Pembayaran Zakat:

  • Waktu wajib

Saat matahari terbenam di hari terakhir Ramadhan menuju Idul Fitri.

  • Waktu sunnah

Saat shalat Subuh hingga sebelum shalat Idul Fitri dilaksanakan.

  • Waktu mubah

Dari hari pertama Ramadhan hingga hari terakhir Ramadhan.

  • Waktu makruh

Setelah shalat Idul Fitri hingga sebelum matahari terbenam di hari Idul Fitri.

  • Waktu haram

Setelah matahari terbenam pada hari Idul Fitri.

Bayarlah zakat sedini mungkin, agar tidak terburu-buru dan lebih tenang.
Pastikan kamu menunaikan kepada lembaga yang terpercaya dan amanah. Simpan bukti pembayaran sebagai arsip.

Menunaikan salah satu rukun Islam ini bukan hanya kewajiban, tetapi juga bentuk kepedulian dan solidaritas terhadap sesama Muslim yang membutuhkan. (red)

Facebook Comments Box

Edukasi Anak Bijak Bermain Gadget, Ini Kata dr. Rurin Dwi Septiana, Sp. A

0
Rurin Dwi Septiana
dr. Rurin Dwi Septiana, Sp. A. (red)

BANJARABRU POST – Kebutuhan terhadap teknologi merupakan salah satu kebutuhan penting saat ini, hal ini disebabkan karena teknologi sangat dibutuhkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup manusia. Salah satu produk aplikasi teknologi informasi yang terkait dengan pemenuhan kebutuhan yang paling berkembang pada saat ini adalah gadget.

Mengatasi kecanduan gadget pada anak bukan perkara yang mudah. Padahal jika tidak segera diatasi, kecanduan gadget bisa mengganggu perkembangan anak. Bagaimana caranya, apa yang harus dilakukan? Simak obrolan bersama Doodle Exclusive Baby Care berikut ini.

Memang kalau ngomongin gadget tidak hanya anak-anak saja, bahkan semua umur. Sebelum masa pandemi gadget sudah dikenal, semakin marak sejak pandemi dimana kontak fisik dibatasi gadget menjadi penting sekali untuk semua terutama anak-anak. Hal inilah yang berpengaruh kepada anak-anak. Hal tersebut disampaikan dr. Rurin Dwi Septiana, Sp. A dalam live bersama Doodle Exclusive Baby Care beberapa waktu lalu.

Menurutnya, karena anak-anak tidak mengerti isi dari handphone hanya tau main melihat gambar, game, yang jatuhnya pada kecanduan. Kecanduan ini menjadi pengaruh jangka pendek dan jangka panjang. Jangka pendek akan membuat mata yang pedih, kelelahan, gangguan pola tidur, pola makan, emosional, gadget dapat mempengaruhi segala segi sisi kehidupan seorang anak.

“Ada beberapa batasan-batasan berapa lamanya waktu yang dihabiskan anak untuk gadget. Karena Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sudah merelease rekomendasi untuk penggunaan gadget dibawah 1 tahun tidak disarankan sama sekali memainkan gadget, 1hingga 2 tahun boleh, tetapi tidak disarankan, 2 sampai 6 tahun punya waktu maksimal 1 jam memainkan gadget dalam sehari, 6 sampai 12 tahun memiliki waktu maksimal 1,5 jam dalam sehari, 12 sampai 18 tahun 2 jam dalam sehari. Coba diingat berapa lama waktu anak yang dihabiskan bersama gadget, inilah waktu yang direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia. Sering kali anak diusia dibawah 2 tahun ketika nangis yang diberikan gadget,” terangnya.

Dokter yang berpraktek di RS Permata Hati Palangkaraya tersebut menjelaskan jika sebenarnya gadget diciptakan untuk membantu manusia, yang merupakan kemajuan teknologi dan bisa diambil manfaatnya hanya jika penggunaannya berlebihan dan tidak terkontrol menjadi tidak bagus. Terkadang anak-anak sering kali sulit mengartikan apa yang ditonton pada masing-masing anak berbeda permasalahan.

“Misalnya anak dibawah 5 tahun belum bisa mengartikan apa yang mereka lihat. Kemudian waktu anak melihat kenyataannya berbeda jauh dengan apa yang dilihat pada gadget. Secara fisik handphone memberikan radiasi yang membuat mata kering apalagi saat bermain game. Selain itu membuat jadwal makan dan tidur siang terganggu. Selain itu anak menjadi pemarah, karena handphone diambil. Jika terjadi secara terus menerus akan membuat mental anak dan orangtua menjadi tidak bagus,” tambahnya.

Tips untuk orang tua supaya anak tidak kecanduan gadget :

  1. Terapkan screen time, karena kalau sudah begitu orangtua bisa mengontrol lamanya anak menggunakan gadget dalam sehari.
  2. Dampingi anak saat menggunakan gadget, disini orangtua berusaha memberi tahu dengan penjelasan dan tanyakan apa yang sedang dilihat. Sehingga anak tidak mengartikan sendiri apa yang dilihat.
  3. Mencegah lebih baik daripada mengobati sehingga supaya anak tidak menjadi kecanduan lebih baik daripada anak sampai kecanduan. Karena ketika anak tidak ada screen time, anak tidak memiliki batasan dalam menggunakan gadget. Saat anak diberi batasan akan lebih sulit mengontrol anak.

Diterangkan dr. Rurin Dwi Septiana, Sp. A, tanda-tanda anak yang memiliki kecanduan gadget seperti berikut ini disetiap waktu luang anak sudah heboh mencari gadget, anak akan bingung jika gadgetnya lowbat, sudah mulai tertarik dengan hal lain hanya gadget yang ditangan, bahkan dengan teman-temannya sudah tidak tertarik dengan hal lain selain gadget. Gadget sendiri bisa berpengaruh pada menjadi sulit tidur karena terlalu asik dengan gadget yang membuat insomnia karena waktu tidurnya sudah lewat.

“Jika sudah kecanduan sedapat mungkin kembali ke screentime atau waktu yang boleh dilakukan saat menggunakan gadget. Tetapi tips yang lain anak terkadang belum dewasa dalam bentuk mini, mereka terkadang tidak mengerti tetapi anak-anak merupakan peniru yang ulung sehingga apa yang dilakukan orangtua pasti akan mengikuti. Berikanlah contoh jangan memegang gadget didepan anak-anak, jika ada telepon boleh saja diangkat tetapi jika whatshapp bisa dibalas dijam nanti. Diusahakan tidak memegang gadget sehingga anak-anak tidak meniru. Alihkan dengan kegiatan-kegiatan lain yang bisa dilakukan dengan anak,” terangnya.

Diakhir wawancaranya, dr. Rurin Dwi Septiana, Sp. A berpesan yang jelas gadget itu tidak diciptakan bukan untuk sesuatu yang buruk meskipun ada dampak positif dan negatifnya, kita ambil yang positifnya. Sebisa mungkin kita ambil manfaatnya yang positifnya seperti misalnya melalui gadget bisa mendapatkan informasi, entertain atau apapun yang bisa membangun boleh digunakan termasuk mencari informasi kelas-kelas online termasuk bisa dilakukan. Diharapkan lesnya belajar menjadi dua arah, dengan tujuan untuk Pendidikan dengan menggunakan gadget. Yang jelas orangtua bisa pandai-pandai memilih penggunaan gadget pada anak, terapkan pola screen time penggunaan gadget untuk anak sebelum kecanduan dan menjadi sulit diatasi. (adv)

Facebook Comments Box

Kepulauan Derawan Tawarkan Wisata Bahari yang Fantastis

0
Kepulauan Derawan
Kepulauan Derawan Tawarkan Wisata Bahari yang Fantastis. (foto: Kepulauan Derawan Tawarkan Wisata Bahari yang Fantastis. (foto: open-trip)

BANJARBARU POST Kalimantan Timur, yang terkenal dengan hutan tropisnya yang lebat, ternyata menyimpan surga tersembunyi yang tak kalah indah dengan wisata alam lainnya. Kepulauan Derawan, di Kabupaten Berau, adalah Maldives versi Indonesia yang menawarkan wisata bahari yang fantastis.

Air laut di Derawan sangat jernih, menjadikannya tempat yang ideal untuk wisata taman bawah laut. Tak heran, banyak wisatawan dan penyelam kelas dunia yang datang ke sini untuk menikmati keindahan bawah lautnya.

Selain wisata bahari, juga memiliki keunikan lain. Pulau-pulau kecil di sini menjadi habitat penting bagi berbagai spesies terumbu karang, hutan mangrove, dan satwa langka seperti penyu hijau dan penyu sisik.

Menariknya lagi, Kepulauan Derawan menawarkan penginapan dan resort di pinggir pantai dengan harga yang lebih murah dibandingkan Maldives. Keren kan?

Jika kamu mencari alternatif liburan yang terjangkau dengan pengalaman yang tak terlupakan, Kepulauan Derawan adalah pilihan yang tepat. Dengan biaya yang relatif murah, kamu bisa menikmati keindahan 4 pulau sekaligus, yaitu Pulau Derawan, Maratua, Kakaban, dan Sangalaki. Jarak antar pulau yang berdekatan memungkinkan kamu untuk menjelajahinya dengan mudah menggunakan speedboat.

Dilansir dari dispar.kaltimprov.go.id, secara geografis, tempat ini terletak di semenanjung utara perairan laut Kabupaten Berau yang terdiri dari beberapa pulau yaitu Pulau Panjang, Pulau Raburabu, Pulau Samama, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, Pulau Nabuko, Pulau Maratua dan Pulau Derawan serta beberapa gosong karang seperti gosong Muaras, gosong Pinaka, gosong Buliulin, gosong Masimbung, dan gosong Tababinga.

Di Kepulauan Derawan terdapat beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang sangat penting yaitu terumbu karang, padang lamun dan hutan bakau (hutan mangrove). Selain itu banyak spesies yang dilindungi berada di Kepulauan Derawan seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung (dugong), ikan barakuda dan beberapa spesies lainnya.

Tunggu apa lagi? Yuk, masukkan Kepulauan Derawan ke dalam daftar destinasi wisata kamu. (red)

Facebook Comments Box

Rekapitulasi Hasil Pileg 2024, Berikut Nama Cikal Bakal Wakil Rakyat di Kota Banjarbaru

0
Pileg 2024

BANJARBARU POST, Banjarbaru – KPU Kalimantan Selatan (Kalsel) telah merilis rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 untuk DPRD Kota Banjarbaru. Dari total 30 kursi yang diperebutkan, Partai Golkar keluar sebagai pemenang dengan perolehan 6 kursi.

Pada Pileg 2024 kal ini, perolehan ini menggeser Partai Gerindra yang pada periode sebelumnya menduduk posisi puncak dengan perolehan kursi yang sama. Pada Pileg 2024, Gerindra mendapatkan 4 kursi.

Berikut perolehan kursi partai politik lainnya:

Partai Demokrat: 3 kursi
PDIP: 3 kursi
PPP: 3 kursi
Nasdem: 3 kursi
PAN: 3 kursi
PKB: 3 kursi
PKS: 2 kursi

Adapun nama-nama calon anggota legislatif yang berhasil meraih kursi DPRD Banjarbaru berdasarkan dapilnya, adalah sebagai berikut:

Dapil 1 (Banjarbaru Utara dan Selatan):

Jon Robert (Golkar)
Liana (Golkar)
Qomal (PDIP)
Ronauli Saragi (PDIP)
Mahmud Sirrie (Nasdem)
Fauzan Noor (Nasdem)
Emir Nahl (PPP)
Intan Widya (Demokrat)
Khairiah (PAN)
Nurkhalis (PKS)
Syamsuri (Gerindra)
Ririek Sumari (PKB)

Dapil 2 (Cempaka):

Muhammad Syahrial (Golkar)
Taufik (Golkar)
Hindera (Gerindra)
dr Eko (Demokrat)

Dapil 3 (Liang Anggang):

Sisca Monalisa (Golkar)
Dicky Eka (PAN)
Mardiana (PPP)
Sukardi (PKB)
Sartomo (Gerindra)

Dapil 4 (Landasan Ulin):

Slamet Rianto (PKS)
Munaji (PPP)
Rizal Siregar (Demokrat)
Baskoro (Nasdem)
Tarmidi (PKB)
Windi Novianto (PDIP)
Neny H (Gerindra)
Rizky Sukma Alamsyah (Golkar)
Emy Lasari (PAN)

Sumber: KPU Kalsel 

Kemudian rencananya KPU RI akan mengumumkan daftar caleg terpilih pada 20 Maret 2024 mendatang. Penetapan ini merupakan hasil akhir dari rekapitulasi suara Pemilu 2024 yang telah melalui berbagai tahapan.

Pihak yang merasa keberatan dengan hasil penetapan caleg terpilih dapat mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) dalam waktu tiga hari setelah pengumuman. KPU RI membuka ruang bagi pihak-pihak yang merasa dirugikan untuk menempuh jalur hukum dan memastikan proses demokrasi berjalan transparan dan akuntabel.

Jika tidak ada gugatan yang diajukan dalam batas waktu yang ditentukan, maka penetapan caleg terpilih oleh KPU RI dianggap sah dan final. Para caleg terpilih kemudian akan bersiap untuk menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat di periode selanjutnya. (red)

Facebook Comments Box

Jejak Akira Toriyama di Dunia Manga dan Anime

0
Akira Toriyama
Jejak Akira Toriyama di Dunia Manga dan Anime. (foto: Ilustrasi/Luqman Shalahudin/sapanusa.id

BANJARBARU POST – Dunia manga dan anime telah kehilangan Akira Toriyama, seorang maestro yang dikenal sebagai pencipta Dragon Ball, Dr. Slump, dan sejumlah karya ikonik lainnya. Toriyama, yang mengembuskan napas terakhir pada 1 Maret 2024 lalu pada usia 68 tahun, dikabarkan meninggal karena pendarahan di sekitar otak.

Kehilangan Toriyama meninggalkan kekosongan yang besar dalam industri manga. Namun, warisan karyanya tetap hidup dan memengaruhi banyak orang. Salah satu karyanya yang paling berkesan adalah Dragon Ball, yang telah mengukir namanya dalam sejarah. Ini adalah beberapa karya terkenal Akira Toriyama:

1. Dr. Slump (1980-1985)
Dr. Slump adalah manga komedi yang mengisahkan petualangan seorang ilmuwan eksentrik bernama Senbei Norimaki dan ciptaannya, Arale, seorang robot berbentuk gadis kecil dengan kekuatan super. Cerita yang menggemaskan ini memperkenalkan dunia pada gaya visual khas Toriyama dan dikenal karena humor yang menyegarkan. Serial ini muncul di Weekly Shonen Jump selama lima tahun, dari 1980 hingga 1984, dan menjadi bukti bakat komedi Toriyama.

2, Dragon Ball (1984-1995)
Dragon Ball adalah salah satu manga paling ikonik yang pernah ada. Mengisahkan petualangan Kakarot, seorang alien yang mencari Dragon Ball, bola mistis yang bisa mengabulkan keinginan. Dengan perpaduan seni bela diri, karakter alien yang unik, dan petualangan epik yang terinspirasi dari cerita-cerita klasik Tiongkok, Dragon Ball berhasil memukau khalayak dari berbagai usia dan diadaptasi menjadi anime yang sukses.

3. Cowa! (1997–1998)
Cowa! adalah manga shonen yang menarik tentang Paifu, seorang anak laki-laki dengan kekuatan super. Meskipun tidak sepopuler Dragon Ball, manga ini tetap dicintai oleh banyak penggemar karena humor dan aksi yang menghibur.

4. Kajika (1998–1999)
Kajika adalah kisah penebusan dosa dengan sentuhan khas Toriyama. Kisah ini mengikuti perjalanan Kajika, seorang yang terlahir dengan sifat jahat dan harus melakukan kebaikan untuk menebusnya. Dengan humor dan petualangan khasnya, Toriyama membungkus cerita ini dengan unik dan menarik.

5. Sand Land (2000)
Sand Land adalah cerita pasca-apokaliptik yang mengingatkan pada Mad Max, di mana kelompok pemberani berjuang melawan raja yang mengendalikan sumber air. Cerita ini baru-baru ini diadaptasi menjadi video game dan anime.

6. Jaco the Galactic Patrolman (2013)
Jaco the Galactic Patrolman adalah manga yang menampilkan unsur komedi tentang seorang ilmuwan pensiunan yang kehidupannya terbalik oleh kedatangan seorang polisi alien. Manga ini unik karena merupakan prekuel dari seri Dragon Ball, menampilkan dunia yang sama dengan Dragon Ball.

Meskipun Toriyama telah tiada, warisan karyanya akan terus hidup dan memengaruhi generasi mendatang, seperti halnya karya-karyanya yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya populer. (red)

Facebook Comments Box

Balap Liar di Bulan Ramadhan, Polres Banjarbaru Amankan Puluhan Kendaraan

0
Balap Liar
Polres Banjarbaru menggelar Kegiatan Kepolisian Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) pada Rabu malam (13/3/2024). (foto: Polres Banjarbaru)

BANJARBARU POST, Banjarbaru – Kepolisian Resor (Polres) Banjarbaru menggelar Kegiatan Kepolisian Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) pada Rabu malam (13/3/2024) untuk merespon keresahan masyarakat terhadap aksi balap liar yang marak terjadi di bulan Ramadhan.

Kapolres Banjarbaru AKBP Dody Harza Kusumah melalui Kasat Lantas AKP Edwin Widya Dirotsaha Putra mengatakan, KRYD ini bertujuan untuk menertibkan dan menindak para pelakunya yang meresahkan masyarakat, khususnya di malam hari selama bulan Ramadhan.

“Balap liar ini sangat membahayakan keselamatan para pelakunya maupun pengguna jalan lainnya. Selain itu, aksi ini juga mengganggu kekhusyukan umat Muslim yang sedang melaksanakan ibadah Puasa,” ujar AKBP Dody.

Puluhan Kendaraan Diamankan

Dalam operasi KRYD ini, Polres Banjarbaru menerjunkan puluhan personel gabungan dari berbagai satuan. Petugas melakukan patroli di beberapa lokasi yang sering dijadikan arena balap liar, seperti di Jalan A. Yani, Jalan Mistar Cokrokusumo dan Lapangan Murjani.

Hasilnya, petugas berhasil mengamankan puluhan kendaraan roda dua yang diduga digunakan untuk balap liar. Selain itu, petugas juga memberikan teguran kepada para pengendara yang tidak menggunakan helm dan kelengkapan surat-surat kendaraan.

“Total ada sebanyak 74 unit kendaraan bermotor yang kami amankan dan kemudian dilakukan penindakan penilangan,” jelas AKP Edwin.

Barang Terlarang Disita

Lebih lanjut, Kasat Lantas mengungkapkan bahwa petugas juga menemukan 9 orang yang kedapatan membawa benda-benda terlarang seperti senjata tajam (sajam), minuman keras (miras), dan Zenith. Mereka semua akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Polres Banjarbaru Akan Terus Lakukan KRYD

AKP Edwin menegaskan bahwa Polres Banjarbaru akan terus melakukan KRYD secara rutin, terutama di bulan Ramadhan, untuk mencegah aksi balap liar dan menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah Banjarbaru.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan balap liar karena dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Mari kita bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban, tetap jaga toleransi serta saling menghargai antar umat beragama,” pungkasnya. (red)

Facebook Comments Box

Dunia Berduka atas Kepergian Legenda Manga Akira Toriyama

0
Akira Toriyama
Akira Toriyama. (foto: therakyatpost.com)

BANJARBARU POST – Kabar duka menyelimuti dunia pada tanggal 1 Maret 2024 lalu dengan meninggalnya Akira Toriyama, pencipta serial manga Dragon Ball yang ikonik, pada usia 68 tahun. Kepergian sang legenda manga ini tidak hanya meninggalkan duka bagi para penggemarnya, tetapi juga mendapat pengakuan dan penghormatan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah negara-negara di dunia.

Pemerintah China Sampaikan Belasungkawa

Perwakilan Kementerian Luar Negeri China, Mao Ning, dalam pidatonya di televisi menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Toriyama. Ning menyatakan bahwa China berduka atas kepergian sang mangaka dan karyanya yang sangat populer di China.

“Kami menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas meninggalnya Akira Toriyama dan menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarganya,” kata Ning.

Ning juga menambahkan, “Tuan Toriyama adalah seniman manga terkenal, dan karyanya juga sangat populer di China. Saya perhatikan banyak netizen China juga menyampaikan belasungkawa atas kematiannya. Kami berharap dan percaya bahwa lebih banyak orang berwawasan luas di Jepang akan berpartisipasi aktif dalam pertukaran budaya Tiongkok-Jepang dan persahabatan antara kedua negara.”

Pengakuan dari Negara-negara Lain

Selain China, negara lain seperti El Salvador dan Brasil juga turut menyampaikan belasungkawa atas kepergian Toriyama. Kementerian Luar Negeri El Salvador melalui siaran pers di Twitter menyatakan turut berduka dan mengakui kontribusi Toriyama yang “sangat berharga terhadap dunia manga dan budaya populer”.

Wakil Presiden Brasil, Geraldo Alckmin, juga memberikan penghormatan kepada Toriyama dengan menulis di Twitter, “Warisan yang menandai generasi dengan nilai-nilai persahabatan dan kesetiaan. Terima kasih banyak, Akira Toriyama!”

Meme Gencatan Senjata Kartel Meksiko

Sebagai bukti popularitas Dragon Ball di Meksiko, sebuah meme beredar tentang kartel Meksiko yang mengumumkan gencatan senjata untuk menghormati meninggalnya Toriyama. Meskipun meme ini hanya lelucon, hal ini menunjukkan pengaruh besar karya Toriyama terhadap budaya populer di berbagai negara.

Kepergian Akira Toriyama meninggalkan lubang besar di dunia manga. Karyanya yang ikonik, seperti Dragon Ball, telah menginspirasi dan menghibur jutaan orang di seluruh dunia. Warisan Toriyama akan terus hidup dalam hati para penggemarnya dan dalam sejarah manga. (red)

Facebook Comments Box

Ready Sambut Ramadhan 2024? Berikut Bacaan Doa Niat dan Buka Puasa dalam Bahasa Latin dan Artinya

0
Ramadhan 2024

BANJARBARU POST – Hari pertama Puasa Ramadhan tahun 2024 akan dimulai pada tanggal 11 Maret 2024 menurut perhitungan Muhammadiyah. Mereka menggunakan metode Hisab Hakiki Wujudul Hilal untuk menetapkan tanggal tersebut. Namun, Nahdlatul Ulama meramalkan bahwa awal Ramadhan 1445 Hijriah akan jatuh pada tanggal 12 Maret 2024.

Prediksi dari NU ini hampir sejalan dengan kalender miladiyah, di mana 1 Ramadhan 1445 H diproyeksikan jatuh pada tanggal 12 Maret 2024. Biasanya, penetapan 1 Ramadhan 1445 H dilakukan melalui pengamatan hilal (Rukyatul Hilal) oleh Kementerian Agama.

Ketika menjalankan ibadah puasa wajib di bulan Ramadan, umat Muslim diwajibkan untuk melakukan Niat Puasa. Niat tersebut cukup diucapkan dari dalam hati dan sebaiknya dilakukan pada malam sebelum fajar.

Berikut ini adalah Bacaan Doa Niat Puasa dalam bahasa Arab dan Latin:

Doa Niat Puasa:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

“Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i fardhi syahri Ramadhâni hâdzihis sanati lillâhi ta’âla.”

Artinya: “Aku berniat Puasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah ta’ala.”

Dan Doa Buka Puasa:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

“Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.”

Artinya: “Ya Allah, karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah, dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.”

(red)

Facebook Comments Box

Persiapan Ramadhan, Tips Menjalani Bulan Suci yang Sehat dan Penuh Pahala

0
Persiapan Ramadhan
Persiapan Ramadhan, Tips Menjalani Bulan Suci yang Sehat dan Penuh Pahala. (foto: crayon.com)

BANJARBARU POST – Ramadhan, bulan penuh berkah dan ampunan, akan segera menyapa. Detak jantung umat Islam berdegup kencang menyambut tamu istimewa ini. Persiapan pun mulai dilakukan, tak hanya fisik, tetapi juga mental dan spiritual.

Persiapan fisik menjadi kunci kelancaran ibadah puasa. Pastikan tubuh dalam kondisi prima dengan menjaga pola makan dan olahraga teratur. Atur pola tidur yang baik agar tubuh terbiasa bangun sahur dan beraktivitas di siang hari.

Mental dan spiritual tak kalah penting. Persiapkan diri dengan memperbanyak ilmu agama, seperti membaca Al-Qur’an, mengikuti kajian, dan mempelajari fiqih Ramadhan. Latih diri untuk meningkatkan ketaqwaan dan memperbanyak amalan sholeh.

Menyentuh hati, bersihkan diri dari dosa dengan bertaubat dan melunasi hutang puasa tahun lalu. Maafkanlah sesama dan ciptakan hati yang lapang untuk menyambut Ramadhan.

Menyambut Ramadhan tak hanya tentang persiapan diri, tapi juga membangun atmosfer yang kondusif. Dekorasi rumah dengan nuansa Ramadhan, siapkan menu sahur dan berbuka yang sehat dan lezat, serta ajak keluarga untuk berpartisipasi dalam kegiatan Ramadhan.

Ramadhan adalah kesempatan emas untuk meraih pahala berlimpah. Manfaatkan waktu ini dengan maksimal untuk beribadah, meningkatkan keimanan, dan mempererat tali silaturahmi.

Berikut apa saja yang musti disiapkan untuk menghadapi bulan Ramadhan.

1. Apa saja amalan yang dianjurkan sebelum Ramadhan?

Memperbanyak membaca Al-Qur’an.
Mengikuti kajian dan ceramah agama.
Mempelajari fiqih Ramadhan.
Bertaubat dan melunasi hutang puasa.
Bersedekah dan membantu sesama.

2. Bagaimana cara menjaga kesehatan selama Ramadhan?

Mengkonsumsi makanan bergizi seimbang saat sahur dan berbuka.
Minum air putih yang cukup.
Melakukan olahraga ringan.
Menjaga pola tidur yang teratur.
Menghindari stres.

3. Apa saja kegiatan yang dapat dilakukan di bulan Ramadhan?

Tarawih dan tadarus Al-Qur’an.
Mengikuti pengajian dan ceramah agama.
Bersedekah dan membantu sesama.
Menghabiskan waktu bersama keluarga.
Melakukan amalan-amalan sunnah lainnya.

4. Bagaimana cara agar anak-anak tertarik dengan Ramadhan?

Menjelaskan tentang فضائل bulan Ramadhan kepada anak-anak.
Membiasakan anak-anak bangun sahur dan berpuasa.
Mengajak anak-anak mengikuti kegiatan Ramadhan di masjid atau mushola.
Menyediakan menu sahur dan berbuka yang menarik untuk anak-anak.
Memberikan hadiah kepada anak-anak yang berhasil menyelesaikan puasa.

5. Apa hikmah yang dapat diambil dari bulan Ramadhan?

Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
Melatih diri untuk disiplin dan menahan hawa nafsu.
Meningkatkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama.
Mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan.
Kesimpulannya, Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan ampunan yang patut disambut dengan persiapan yang matang. Dengan persiapan fisik, mental, dan spiritual yang baik, kita dapat meraih pahala berlimpah dan menjadikan Ramadhan sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas diri dan hubungan dengan Allah SWT.

Mari sambut Ramadhan dengan hati yang bersih dan penuh semangat! (red)

Facebook Comments Box

TBC pada Anak: Mitos, Fakta, dan Tindakan Preventif yang Penting Dipahami

0
TBC
Doodle Exclusive Baby Care, dr. Mervin Tri Hadianto, Sp. A. (dod)

BANJARBARU POSTTuberculosis (TBC) secara umum penyakit menular. Saat ini Indonesia menjadi peringkat kedua didunia untuk kasus TBC pada anak. Sebagai orangtua kita wajib mengetahui apa yang harus dilakukan?Bagaimana pencegahannya? Berikut ulasannya bersama Doodle Exclusive Baby Care.

Dalam wawancaranya bersama Doodle Exclusive Baby Care, dr. Mervin Tri Hadianto, Sp. A mengatakan TBC sendiri penularannya disebabkan dari kuman mycobacterium tuberculosis dari oranglain yang membawa kuman ini disaluran pernapasannya. Lewat percikan udara diterbangkan dan biasanya orang lain yang berdekatan menderita TBC akan menghirup udara yang berisi kuman TBCnya. Karena kuman TBC ini sangat kecil mudah masuk kedalam bagian paru-paru terkecil atau disebut dengan alveoli. Setelah masuk ke dalam alveoli, anak tidak langsung sakit tergantung imun anak masing-masing, tergantung banyaknya bakteri yang masuk.

“Keseimbangan antara imunitas anak dan jumlah jahatnya kuman mana yang lebih menang. Beberapa anak hanya 10% anak yang menjadi sakit TBC. Kuman yang masuk ke alveoli anak dihancurkan secara alami karena anak memiliki innate imunity. Innate Imunity ini adalah imunitas yang bawaan dari anak, sudah terbentuk. Pada anak yang sudah vaksin BCG pada usia 0 hingga 2 bulan, untuk itu disarankan harus segera vaksin setelah lahir sebelum bayi berusia 1 bulan. Hal ini dilakukan untuk memperkuat sistem imunitas seluler yang spesifik jadi kalau ada kuman TBC meski infeksi tidak akan mengalami TBC yang berat. Jika kuman mati semua, anak akan sehat,” terang dokter Mervin.

Selain itu, lelaki yang meruapan Alumni Universitas Dipenogoro Semarang ini juga menerangkan bahwa ada juga anak yang saat mengalami penularan kuman TB dalam kondisi sistem seimbang, dimana kuman dan imunitas berada ditengah-tengah dinamakan TBC Laten. TBC laten sewaktu-waktu saat imunitas yang turun bisa muncul Kembali menjadi sakit TBC dan menyebar kemana-mana bisa lewat limfe. Bisa juga ke TBC otak, TBC tulang, akan mengalami perubahan tulang punggung yang menyebabkan bungkuk. Penyebaran TBC ini, tergantung pada sistem anak. TBC bukan penyakit yang langsung mendadak, bisa jadi secara perlahan.

“Penderita TBC memiliki gejala biasanya berat badan anak tidak naik-naik walaupun nafsu makannya banyak, ada demam malam hari selama 2 minggu atau lebih, batuk 2 minggu atau lebih yang sudah intens diobatin tidak mempan. Batuknya bukan karena asma, alergi atapun ISPA. Dokter menyarankan untuk melakukan Test Mantoux lebih akurat dari rontgen. Bisa juga melakukan Test Cepat Molekuler (TCM) diakui paling bagus, tetapi anak biasanya tidak bisa mengeluarkan dahak. Bahkan saat ini test TCM ada beberapa rumah sakit yang menggratiskan,” jelasnya.

Dokter yang berpraktek di RS Lira Medika ini menuturkan jika penyebaran penyakit TBC biasanya tersebar melalui kontak erat dengan penderita TBC. Kontak erat artinya tidak hanya bertemu sesaat kemudian tertular, tetapi bertemu dalam jangka waktu seminggu setiap hari sehingga jika kemasukan kuman menyebabkan imunitas akan turun. Pentingnya screening dalam keluarga untuk menghindari penularan TBC.

Test khusus yang dilakukan jika orangtua mencurigai anak menderita TBC, melakukan sistem scoring TB dengan beberapa pertanyaan seperti
1.Adakah kontak erat dengan penderita TB,
2.Bagaimana hasil rontgen,
3.Bagaimana hasil test Mantoux,
4.Status gizi bagaimana?
5.Adakah terjadi pembesaran kelenjar?
6.Adakah tulang atau sendi yang tidak normal?
7.Adakah batuk lama atau demam lama?

“Kemudian akan dihitung lagi melihat dari kecurigaan orang tua akan penyakit TBC menentukan hasilnya. Sistem scoring ini memudahkan untuk dokter atau orangtua sendiri bisa untuk menjadi acuan. Test Igra dan test darah dilakukan test Mantoux positif akibat dari imunisasi BCG yang masih ada ditubuh anak. Karena biasanya adanya vaksin BCG memunculkan reaksi positif penyakit TB saat test Mantoux. Padahal gejala TBnya belum nyata, untuk itu perlu test lanjutan seperti test igra,”ungkapnya.

Ditambahkan lagi, Kalau anak sudah terdiagnosa TBC menghadapi itu harus bagaimana? TB anak biasanya tidak menular, komplek primer yang biasanya belum sampai membuat paru-paru lubang dimana saat batuk tidak mengeluarkan kuman, ada hanya saja sangat sedikit. Sehingga Jarang anak menularkan TB. Apa yang harus dilakukan orangtua penderita TB yakni meminta petunjuk farmasi cara meminum obat TB yang benar biasanya ada yang digerus dahulu, padahal caranya dengan manaruh obat diatas sendok berikan air dan aduk perlahan sampai hancur kemudian diminumkan 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan saat perut kosong. Konsumsi suplemen seperti vitamin D dan Nutrisi lainya.

“Biasanya anak penderita TB diawal pengobatan nafsu makan mulai naik, secara alami. Karena kumannya mulai mati badannya mulai enak, nafsu makan naik terjadi hanya di satu bulan pertama selanjutnya stabil. Anak TB yang memiliki gizi kurang, biasanya dokter akan mensupport dengan susu dengan susu khusus kalori tinggi sehingga anak tidak berada dalam gizi yang kurang,” katanya lagi.

Disisi lain, Dokter Spesialis Anak ini juga menceritakan untuk pengobatan TB disegala usia hampir sama yakni dengan mengikuti panduan dari dokter, biasanya anak yang ringan pengobatan 4 bulan, tetapi untuk dewasa ada tambahan 1 paket lagi di fase awal. Yang berbeda kalau terbukti TB resistan obat. Obatnya banyak sekali, bahkan harus tim ahli yang memutuskan karena TB tidak mempan dengan obat standart dengan panduan yang khusus bahkan dokter sampai belajar lagi dengan obat yang banyak 5-6 tablet sekali minum.

“Yang membuat penyakit TB resisten obat adalah karena ketularan dari TB orang dewasa yang resistan. TB resisten obat bisa dipengaruhi TB yang pengobatan tidak tuntas, pengobatan tidak teratur, sering lupa-lupa minum obat, tidak menyeselesaikan pengobatannya. Biasanya orangnya sudah ada kuman TB resistan obat. Bukan karena salah obat, tetapi karena obatnya yang tidak mempan. Hal ini dievaluasi selama 2 bulan, kalau anak-anak tidak ada perubahan lakukan pengobatan selanjutnya dengan TCM jika tidak bisa harus dilakukan bilas lambung,”tandasnya.
Dikatakan dokter yang berpraktek di salah satu Rumah Sakit di Karawang ini Apakah TBC bisa sembuh? Kalau pengobatan tuntas maka TB akan sembuh. Pengobatan dengan panduan TB, termasuk mematikan obat yang aktif untuk kuman TB yang membelah yang termasuk kuman TB yang tidur. Panduan obat tersebut bisa mematikan kuman yang aktif dan tidur.

Diakhir perbincangannya, dr. Mervin Tri Hadianto, Sp. A menutup dengan berpesan TBC anak Indonesia menjadi rangking 2 sedunia, banyak disekitar kita. Untuk itu, waspadai jika anak kita mengalami gejala sebagai berikut berat badan sulit naik walaupun makan cukup, batuk lama lebih dua minggu padahal sudah diobati bukan asma bukan alergi, demam lama hanya 38 derajat pada malam hari, gejala-gejala kontak tinggi pada keluarga. Mulai mengamati lingkungan sekitar apakah ada yang mengarah ke TB segera sarankan untuk melakukan Test Cepat Molekuler (TCM). Jika positif segera lakukan pengobatan sehingga anak-anak terhindar dari TB. Selain itu, bagi anak yang sudah kontak dengan penderita TB mulailah lakukan Terapi Pencegahan Tuberkulosis (TPT) agar anak tidak jadi sakit TB. Patuhilah cara mengkonsumsi obat dengan benar yakni dengan perut kosong dan konsumsi vitamin D, dan lakukan pola hidup sehat. (rls)

Facebook Comments Box